Selamat Datang diblog Kiswan,Terimakasih telah berkunjung,jangan lupa mengisi buku tamu atau tinggalkan pesan

Monday, June 6, 2011

Bertani Mentimun di Luar Angkasa

Adalah astronot pesawat Rusia, Soyuz TMA 02M, yang akan diluncurkan pada  8 juni 2011 dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, kini punya mimpi baru. Mereka berharap bisa memakan salad dengan mentimun dan tomat yang ditumbuhkan di luar angkasa, tepatnya di Stasiun Antariksa Internasional  (International Space Station/ISS).

Dalam konferensi pers sebelum peluncuran yang digelar pada 7 juni 2011, astronot Jepang yang ikut misi Soyuz, yakni Satoshi Furukawa, mengatakan rencananya untuk bertani mentimun di angkasa. Harapannya, suatu saat mentimum hasil panen bisa dimakan.

Selain mentimun, akan ditumbuhkan pula tomat. Kosmonot Rusia, Sergei Kolkov, yang bertanggung jawab dalam penanaman tomat itu mengatakan bahwa ia pun sangat ingin menikmati salad yang terbuat dari sayuran yang ditumbuhkan di angkasa itu. Akan tetapi, untuk sampai pada tahap itu masih butuh waktu lama.
Saat ini, tujuan utama menumbuhkan mentimun adalah meneliti hormon pertumbuhan. Pesawat Soyuz TMA 02M yang akan diluncurkan ke ISS pada Rabu nanti akan membawa beberapa awak. Selain Furukawa dan Volkov, pesawat ini akan membawa astronot NASA, Michael Fossum. Misi bertani mentimum sendiri akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan.
Sumber:Kompas

1 comment: